Seringkali kita merasa agak nyeri di bagian kanan atau kiri pinggang karena tidak cukup minum air putih setiap harinya. Berapa banyak air yang harus kita minum dan apa akibatnya kalau tubuh kita kekurangan cairan?

Air yang kita butuhkan adalah kurang lebih 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Apalagi jika anda seorang perokok, maka jumlah air yang harus diminum harus di tambah. Karena air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita melalui keringat, pernapasan, air seni dan juga sekresi.  Ttubuh akan menyeimbangkan diri dengan cara menghisap air dari komponen tubuh kita yang lain jika kita mengkonsumsi air kurang dari itu. Darah dan otak adalah komponen yang paling banyak memiliki kadar airnya. Jika tubuh menghisap dari darah maka darah akan menjadi kental dan akibat pengentalan darah ini maka perjalanannya atau peredarannya akan kurang lancar ketimbang darah yang encer dan sewaktu melewati ginjal maka ginjal akan bekerja lebih keras untuk menyaring darah yang kental tersebut. Karena saringan dalam ginjal sangatlah halus, maka tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal yang bisa mengakibatkan air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Dan sewaktu darah kental mengalir melalui otak maka perjalanannya agak terhambat. Otak tidak lagi encer dan lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka suatu saat mungkin anda harus menghabiskan uang yang cukup banyak setiap minggu untuk cuci darah dan juga kemungkinan terkena serangan jantung dan stroke sangat besar.

Kita semua ingin hidup sehat bukan? Kita bisa memulainya dari sekarang untuk memenuhi kebutuhan air dari tubuh kita dengan meminum air sesuai anjuran diatas.

***

Advertisements